`
Home » » Wapres Boediono Resmikan Pusat Koleksi Mikroorganisme LIPI

Wapres Boediono Resmikan Pusat Koleksi Mikroorganisme LIPI

Diposting oleh: Runa Inawan pada 11 September 2014 | 12:46 PM

Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dirikan pusat pembangunan pusat koleksi mikroorganisme Indonesian Culture Collection (InaCC). Pusat koleksi ini diresmikan pagi ini oleh Wakil Presiden Boediono.

Gedung InaCC berada di Pusat Penelitian Biologi LIPI, Cibinong Science Center, Jl. Raya Bogor Km. 46, Cibinong, Bogor, Jabar. Pembangunan InaCC sendiri dicanangkan oleh Presiden SBY pada 27 Mei lalu.

"InaCC ini merupakan perwujudan tanggung jawab Indonesia terhadap dunia dalam membangun ilmu khususnya mikrobiologi dari berbagai wilayah di Indonesia sehak tahun 1960-an" ungkap Kepala LIPI, Prof. Dr. Lukman Hakim dalam sambutannya, Kamis (11/9/2014).

Menurut Lukman, dengan adanya InaCC, pemanfaatan mikroorganisme yang berkelanjutan akan bisa dipercepat. Program InaCC sendiri dikatakan Lukman telah dilaunching SBY sejak September 2007.

"LIPI hari ini juga mengadakan LIPI Expo 2014 untuk menyampaikan hasil karya LIPI. Beberapa bisa langsung dimanfaatkan oleh masyarakat, sebagian di antaranya bisa untuk dikembangkan," kata Lukman.

Boediono ditemani oleh Menristek Gusti Muhammad Hatta dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dalam peresmian gedung InaCC ini. Boediono pu berharag agar InaCC bisa berkembang sebagai pusat pengembangan penelitian bertaraf internasional.

"Mungkin ini tidak terlalu menarik untuk dijadikan headline, tapi ini yang menentukan Indonesia akan ke mana, seberapa cepat kemajuannya. Saya harap Inacc jadi pelopor pengembangan mikroba Indonesia," tutur Boedinono.

Banyaknya mikroba yang ada di Indonesia disebut Boediono sebagai aset keanekaragaman yang dapat dimanfaatkan bagi masyarakat. "Tugas kita untuk memanfaatkan itu semua untuk kepentingan bangsa dan umat manusia," sambungnya.

Usai menyampaikan sambutannya, Boediono pun memotong pita sebagai tanda peresmian gedung InaCC. Setelahnya, pria asal Yogyakarta itu berkeliling melihat gedung dan fasilitas InaCC sekaligus melihat hasil-hasil karya LIPI yang dipamerkan.

"Dengan mengucapkan Bismillah saya resmikan gedung InaCC dan pembukaan LIPI Expo 2014. Selamat bekerja," ucap Boediono.

Sumber: detiknews



Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, kedatangan Anda kami tunggu kembali. www.inawan.blogspot.com
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda memberikan komentar secara bijak. Jika Anda menyertakan link hidup, otomatis akan terhapus dari kotak komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda.

 
Navigasi: Kembali Ke Atas | P2 Biologi-LIPI | LIPI
Copyright © 2004. inawan berbagi - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger