`
Home » » TIPS: Memecah dan Menggabungkan File (Ekstensi .001, .002 atau ._a, ._b)

TIPS: Memecah dan Menggabungkan File (Ekstensi .001, .002 atau ._a, ._b)

Diposting oleh: Runa Inawan pada 22 May 2012 | 12:55 AM


Adakalanya ketika kita akan mengupload file  kapasitas filenya cukup besar.  Sehingga membuat lama dalam proses mengunggahnya. Atau mungkin juga kita pernah menemukan suatu file yang berekstensi .001, .002, dan seterusnya. File-file seperti ini biasanya merupakan file yang asalnya satu file kemudian dipecah-pecah menjadi beberapa file dengan menggunkan suatu aplikasi tertentu. Hal ini sangat membantu tentunya ketika kemampuan proses penyimpan yang dibatasi hanya beberapa MB. Contohnya pengiriman file melalui email (attachment) yang kebanyakan dibatasi beberapa MB saja.

Lantas bagaimana caranya kita memecah file tersebut atau menggabungkannya sehingga menjadi file yang utuh? Caranya adalah dengan menggunakan salah satu aplikasi kecil namun sangat bermanfaat yaitu yang dinamakan “File Splitter & Joiner”.  

Cara Instalasi
  • Setelah Anda mengunduh aplikasi tersebut, kemudian pada aplikasi hasil unduhan tersebut diklik 2 kali, maka akan tampil seperti digambar di bawah ini.

  • Klik NEXT, dan akan tampil gambar dibawah ini.

  • Silahkan Anda ceklis pada kotak tersebut sesuai keperluan (saya sarankan diceklis saja semuanya) dan jika sudah dipilih klik NEXT, dan setelah selesai klik FINISH. Aplikasi sudah siap digunakan.
Nah, jika Anda sudah selesai menginstall apalikasi tersebut maka ketika Anda berada pada windows explorer pada file yang dipilih dan mengklik kanan pada mouse Anda, maka akan tampil apalikasi tersebut, seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Memecah File Menjadi Beberapa File
  • Sekarang kita coba bagaimana caranya untuk memecah filenya. Pertama tentunya Anda tentukan dahulu file mana yang akan Anda pecah-pecah tersebut. Kemudian klik kanan mouse Anda pada file yang akan dipecah seperti, maka akan tampil seperti gambar di atas. Kemudian pilih split. Maka akan tampil sebagaimana gambar berikut ini.

  • Kemudian silahkan Anda tentukan folder untuk menyimpan hasil proses pemecaha filenya. Kemudian pada Split into silahkan isi jumlah file yang ingin dihasilkan pecahannya dan selanjutnya klik Split. NOTE: jika Anda ingin memproteksi hasil peahan filenya, silahkan Anda ceklis pada kotak ENCRYPT DATA dan silahkan tentukan kata sandi yang diinginkan.
  • Setelah selesai proses split/pemecahan filenya maka akan muncul dialog box seperti berikut. Tekan YES jika Anda ingin menghapus sumber file yang dipecah, dan pilih NO jika tidak.

  • Hasilnya maka akan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Coba Anda perhatikan, ekstensi filenya berubah khan menjadi .001 dan .002.

Cara Menggabungkan File
Sebelumnya kita sudah memecah file tadi menjadi dua bagian, sekarang kita ingin menggabungkannya, sehingga menjadi file utuh seperti semula. Perlu diketahui bahwa jika ingin file tersebut berjalan seutuhnya, maka file-file yang terbagi-bagi tersebut harus disatukan menjadi file yang utuh seperti semula. Artinya adalah jika 1 file dipecah menjadi katakanlah 4 bagian, maka semuanya harus disatukan menjadi 1 file sehingga file tersebut bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Perlu diperhatikan, file yang terpecah-pecah tersebut harus tersimpan dalam satu folder ketikan akan disatukan.
Baik, kita mulai saja caranya. Saya ambil contoh file yang tadi saya pecah menjadi dua.
  • Pilih salah satu file yang berekstensi .001 kemudian klik kanan pada mouse maka akan tampil sepeerti gambar berikut. Selanjutnya

  • Pilih JOIN, maka akan tampil seperti gambar berikut. Kemudian silahkan Anda tentukan tempat penyimpanan file yang ingin disatukan tadi dengan cara mengklik gambar disket tersebut. Selanjutnya klik JOIN, maka selamat file tersebut akan menyatu seperti semula. J

Demikian sekelumit tentang tips memecah dan menggabungkan file yang biasanya berekstensi .001, .002 dan seterusnya atau ._a, ._b dan seterusnya. Semoga bermanfaat buat Anda sekalian.

Atau DISINI


Terima kasih Anda telah berkunjung ke blog saya, kedatangan Anda kami tunggu kembali.
Share this article :

Post a Comment

Silahkan Anda memberikan komentar secara bijak. Jika Anda menyertakan link hidup, otomatis akan terhapus dari kotak komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda.

 
Navigasi: Kembali Ke Atas | P2 Biologi-LIPI | LIPI
Copyright © 2004. inawan berbagi - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger