`
Home » » Definisi-Definisi Manajemen

Definisi-Definisi Manajemen

Diposting oleh: Runa Inawan pada 21 May 2012 | 3:04 PM

http://tiarasleromania23.student.umm.ac.id/2011/09/22/manajemen-2/
  1. Menurut Griffin, Ricky W. 2004. Manajemen Jilid 1 Edisi 7. Terjemahan. Penerbit Erlangga. Jakarta. Manajemen adalah suatu rangkaian aktivitas (termasuk perencanaan dan pengambilan keputusan, pengorganisasian, kepemimpinan, pengendalian) yang diarahkan pada sumber-sumber daya organisasi (manusia, finansial, fisik, dan informasi) dengan maksud untuk mencapai tujuan organisasi secara efektif dan efisien.
  2. Herujito, Yayat M. 2001. Dasar-dasar Manajemen. Grasindo. Jakarta. Manajemen adalah pengelolaan suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditentukan dengan cara menggerakan orang-orang lain untuk bekerja (Yayat M. Herujito). Manajemen (George R. Terry, 1977 dalam Herujito, Yayat M. 2001) adalah suatu proses yang berbeda terdiri dari planning, organizing, actuating, dan controlling yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang ditentukan dengan menggunakan manusia dan sumberdaya lainnya. Louis A. Allen dalam bukunya “The Professional of Management” manajemen adalah suatu jenis pekerjaan khusus yang menghendaki usaha mental dan fisik yang diperlukan untuk mempimpin, merencana, menyusun, mengawasi.
  3. Hasibuan, Malayu S.P., Drs. 1990. Manajemen: Dasar, Pengertian dan Masalah. Cetakan Kelima. Haji Masagung. Jakarta. Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Menurut Patterson dan E.G. Plowman “Business Organization and Management” (Fifth edition, Homewood), manajemen adalah suatu teknik, maksud dan tujuan dari sekelompok manusia tertentu yang ditetapkan, dijelaskan dan dijalankan. Menurut Ralph Currier Davis dalam bukunya “The Fundamentals of Top Management” (Harper Brother Publisher, New York, Kogakusha Company, Ltd. Tokyo) manajemen adalah fungsi dari pimpinan eksekutif, dimana pun posisinya. Menurut John D. Millet dalam bukunya “Management in The Public Service”  manajemen adalah proses pembimbingan dan pemberian fasilitas terhadap pekerjaan-pekerjaan yang terorganisasi dalam kelompok formal untuk mencapai suatu tujuan yang dikehendaki. Menurut “Encyclopedia of Social Science“, manajemen adalah sebagai suatu proses pelaksanaan suatu tujuan yang direalisasikan dan diawasi. Menurut Lawrence A. Appley dalam bukunya “Leadership On the Job” manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain. Menurut H.R. Light dalam bukunya “The Nature of Management” (Publishing Corporation, Fourth edition, New York, 1974), manajemen adalah kerangka pengetahuan tentang kepemimpinan. Kepemimpinan adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, pengendalian material, mesin-mesin dan uang untuk mencapai tujuan secara optimal. Menurut Prof. Oey Liang Lee dalam bukunya “Beberapa Aspek dari Personalia Manajemen pada Perusahaan Bumi Putra” (Badan Pembina Administrasi Universitas Gajah Mada), manajemen adalah seni perencanaan, pengorganisasian, dan pengontrolan atas human and natural resources (terutama human resources) untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan lebih dahulu. Menurut Sondang P. Siagian, MPA, Ph.D., dalam bukunya “Administrasi Pembangunan” (PT. Gunung Agung, Jakarta, 1978), manajemen adalah kemampuan dan keterampilan untuk memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain.
  4. Umar, Husein. 2003. Business an Introduction. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Manajemen merupakan suatu proses mengenai perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengendalian dalam organisasi. Menurut James F. Stoner, manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian upaya anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari definisi tersebut kiranya perlu dijelaskan beberapa istilah yaitu:
  1. Proses, adalah cara yang sistematis, untuk melakukan sesuatu. Semua manajer, apapun keahlian dan keterampilan mereka, akan terlibat dalam kegiatan-kegiatan yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan organisasi.
  2. Perencanaan (planning), menunjukan bahwa manajer terlebih dahulu memikirkan tujuan dan juga kegiatannya.
  3. Pengorganisasian (organizing), berarti bahwa para manajer mengkoordinasikan sumberdaya yang dimiliki perusahaan. Bila pekerjaan makin terpadu dan terkoordinasi, organisasi pun akan makin efektif.
  4. Penggerakan (actuating), menunjukan bagaimana para manajer mengarahkan dan mempengaruhi bawahannya, menggunakan orang lain untuk melaksanakan tugas tertentu.
  5. Pengendalian (controlling), berarti para manajer berusaha agar perusahaan bergerak ke arah tujuannya.
  6. Selanjutnyaorang yang bertanggung jawab dalam proses manajemen disebut manajer.
Fuad, M., dkk. 2006. Pengantar Bisnis. Edisi Cetakan Kelima. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta. Manajemen merupakan suatu proses yang melibatkan kegiatan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian yang dilakukan untuk mencapai sasaran perusahaan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya. Bateman, Thomas S. dan Scott A. Snell. 2008. Manajemen: Kepemimpinan dan kolaborasi dalam Dunia yang kompetitif. Buku I Edisi 7. Penerbit Salemba Empat. Jakarta. Manajemen adalah proses bekerja dengan orang-orang dan sumber-sumber daya untuk mencapai tujuan-tujuan organiasasi.
Nah, itulah definisi-definisi manajemen yang berhasil saya kumpulkan dari berbagai sumber buku. Untuk kesimpulannya, saya serah kepada Anda :) .
Semoga bermanfaat…

Sumber gambar: http://tiarasleromania23.student.umm.ac.id
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

ok, sama2 ;) terima kasih atas kunjungannya...

Post a Comment

Silahkan Anda memberikan komentar secara bijak. Jika Anda menyertakan link hidup, otomatis akan terhapus dari kotak komentar. Terima kasih atas kunjungan Anda.

 
Navigasi: Kembali Ke Atas | P2 Biologi-LIPI | LIPI
Copyright © 2004. inawan berbagi - All Rights Reserved
Design by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger